Metodologi Penelitian - Ilmu Komunikasi

Analisis Pesan Dakwah dalam Film Pendek “Save Muslim” Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Metodologi Penelitian Komunikasi Disusun Oleh : Khairul Adhim 2042114025 PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM JURUSAN DAKWAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PEKALONGAN 2015 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Film pendek yang berjudul “Save Muslim” adalah film pendek yang menceritakan tentang sepasang suami istri yang tinggal di suatu daerah. Sang suami bernama Pak Ahmad yang bekerja sebagai satuan keamanan (satpam) di suatu instansi, dan sang istri yaitu Bu Ahmad hanya ibu rumah tangga biasa. Mereka mulai memikirkan keadaan lingkungan dan tetangga sekitarnya yang semakin memprihatinkan, karena Kristenisasi mulai masuk ke daerahnya. Dengan cara memberikan sumbangan berupa sembako kepada warga, para oknum penyebar ajaran Kristen ini berhasil mempengaruhi warga agar masuk Kristen. Sepasang suami istri ini pun dibuat bingung ketika harus menghadapi keadaan seperti ini, disatu sisi mereka harus berjuang untuk kehidupannya yang pas - pasan, dan disisi lain mereka harus memperjuangkan agar Islam tetap kokoh di daerahnya. Akhirnya, tabungan yang selama ini dipersiapkan untuk kelahiran anak mereka digunakan untuk memberdayakan masyarakat sekitar dengan membuka usaha produksi batik. Dengan perjuangan dan kerja kerasnya, Pak Ahmad dan istrinya sukses dengan usaha batiknya dan sukses memberdayakan masyarakat sekitar. Mereka berhasil menetralisir kristenisasi dengan memberdayakan masyarakat. Dalam film tersebut terdapat pesan dakwah yang memotifasi penontonnya untuk memperjuangkan Islam agar tetap kokoh dengan cara yang baik dan tidak arogan. Pesan sendiri adalah gagasan, perasaan, atau pemikiran yang akan di-encode oleh pengirin atau di-decode oleh penerima. Pada umumnya, pesan berbentuk sinyal, symbol, tanda, atau kombinasi dari semuanya dan berfungsi sebagai stimuls yang akan direspon oleh penerima. Adanya film pendek yang bertema islami tentunya menjadi titik cerah dakwah melalui media. Karena sesungguhnya tayangan baik melalui televisi maupun video memiliki pengaruh bagi penontonnya. Pengaruh televise terhadap system komunikasi tidak lepas dari pengaruh aspek-aspek kehidupan pada umumnya. Bahwa televisi menimbulkan pengaruh tehadap kehidupan masyarakat Indonesia sudah banyak yang mengetahui dan merasakannya. Akan tetapi, sejauh mana pengaruh yang positif dan pengaruh yang negatif belum diketahui begitu banyak. Menurut Prof. Dr. R. Mar’at dari Unpad, acara televisi pada umumnya mempengaruhi sikap, pandangan, peresepsi, dan perasaan para penonton. Ini adalah hal yang wajar. Jadi, jika hal-hal yang mengakibatkan penonton terharu, terpesona, atau latah bukanlah sesuatu yang istimewa. Sebab salah satu pengaruh psikologi dari televisi ialah seakan-akan menghipntois penonton sehingga penonton dihanyutkan dalam suasana pertunjukan televisi. 1.2 Rumusan Masalah Dari uraian yang telah dikemukakan diatas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana reaksi penonton film “Save Mulsim” setelah menonton film tesebut? 2. Siapa saja yang menjadi sasaran dakwah dari film tersebut 3. Apa saja Pesan-pesan dakwah yang ingin disampaikan oleh pembuat film pendek “Save Muslim” melalui film tersebut? 4. Mengapa pembuat film memilih ide cerita tersebut dalam membuat naskah atau skenario film? 1.3 Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui bagaimana reaksi penonton film “Save Muslim” setelah menonton film tesebut. 2. Untuk mengetahui siapa saja yang menjadi sasaran dakwah dari film tersebut. 3. Untuk mengetahui apa saja Pesan-pesan dakwah yang ingin disampaikan oleh pembuat film pendek “Save Muslim” melalui film tersebut. 4. Untuk mengetahui mengapa pembuat film memilih ide cerita tersebut dalam membuat naskah atau skenario film. 1.4 Manfaat Penelitian Manfaat yang dapat kita ambil dari penelitian yang berjudul Analisis Pesan Dakwah dalam Film Pendek “Save Muslim” aadalah : 1. Menambah wawasan tentang penyampain pesan dakwah melalui Film pendek bertemakan islami. 2. Dapat menambah pengetahuan tentang dakwah dengan media film. 3. Mengetahui berbagai film pendek religi yang menyisipkan nilai-nilai dakwah. 4. Memahami bahwa dakwah dapat dilakukan bukan hanya melalui mimbar saja, tetapi bisa menggunakan media yang lebih luas jangkauannya. 5. Mengingatkan dan menumbuhkan rasa akan pentingnya mempertahankan iman dan Islam. BAB II LANDASAN TEORI Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikaasi massa. Teori-teori komunikasi massa yang berelasi dengan hasil kebudayaan (theories of cultural outcomes) banyak tumbuh dan berkembang dalam kajian komunikasi masa. Kajian mengenai model komunikasi massa akan diawali dari model Harold Lasswell. Sumbangan pemikiran Lassewell dalam kajian teori komunikasi massa adalah identifikasi yang dilakukannya terhadap tiga fungsi dari komunikasi massa. Pertama, kemampuan media massa memberikan informasi yang berkaitan denga lingkungan sekitar kita, yang dinamakannya sebagai surveillance. Kedua, kemampuan media massa memberikan berbagai pilihan dan alternatif dalam penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat, yang dinamakannya sebagai fungsi correlation. Ketiga, fungsi media massa dalam meyosialisasikan nilai-nilai tertentu kepada masyarakat yang dalam terminologi Lasswell dinamakan sebagai transmission (Shoemaker dan Rasse, 1991:28-29). Dalam perkembangannya, Charles Wright menambahkan fungsi keempat, yaitu entertainment, bahwa komunikasi massa dipercaya dapat memberikan pemenuhan hiburan bagi para konsumen dengan dikontrol oleh para produsem (Shoemaker dan Rasse, 1991:28). A. Analisi Teori Dalam film pendek tersebut, tokoh utama digambarkan sebagai pemuda yang diputuskan pacarnya karena tidak rutin sholat subuh tepat waktu. Kemudian setelah dia rutin sholat subuh tepat waktu, dia menjadi lebih tertata hidupnya dan mudah mendapat pekerjaan. Dari situ dapat memberikan gambaran bahwa teori komunikasi massa dalam film tersebut memberikan gambaran pada banyak penonton bahwa sholat subuh dapat memberikan manfaat. DAFTAR PUSTAKA Effendy, Uchjana, Onong. 2013. Ilmu Komunikasi . Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Suryanto, S.Sos., M.Si. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi . Bandung. CV Pustaka Setia. Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi . Bandung. CV PUSTAKA SETIA.

Comments